[Tulisan ini saya kutip dari buletin Greenpeace] 

 Banyak hal yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mari kita terapkan beberapa tips di bawah ini:

1. Belilah produk yang paling hemat energi
Carilah produk yang memiliki label hemat energi dan periksa arti dari label tersebut. Perangkat baru anda seharusnya memiliki tombol power yang memutuskan aliran listrik secara total, atau menghabiskan tidak lebih dari 1 watt energi pada posisi standby.

2. Gunakan komputer anda dengan bijaksana dan beri waktu untuk istirahat
Ubahlah ke dalam mode idle (istirahat) segera setelah anda selesai menggunakannya. Cabut komputer anda dari sumber listrik ketika anda mematikannya. Perlu diingat: layar datar dan laptop lebih hemat energi.

3. Gunakan neon hemat energi (CFL)
Kebutuhan energi akanberkurang sampai 80% dan sangat ideal untuk lokasi yang membutuhkan pencahayaan untuk waktu yang lama (ingat: neon CFL mengandung merkuri dan sebaiknya tidak dibuang ke pembuangan sampah rumah tangga biasa sehabis dipakai). Matikan lampu dalam ruangan yang tidak digunakan.

4. Cabut stop kontak
Hentikan kerugian akibat posisi standby. Hi-fi, TV, komputer dan peralatan lainnya tetap menyerap energi walaupun dalam posisi standby. Cabutlah stop kontak atau gunakanlah perpanjangan kabel stop kontak yang dilengkapi dengan tombol power.

5. Pilih AC hemat energi
Gunakan AC hemat energi dengan kapasitas sesuai kebutuhan. Atur suhu di240C, pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat dan matikan bila ruangan sedang tidak digunakan.

6. Gunakan kendaraan umum
Bahan bakar untuk bis dan kereta api tiga kali lebih efisien dibandingkan dengan digunakannya kendaraan pribadi.

7. Gunakan sepeda
Sepeda tidak memerlukan bahan bakar dan membuat anda lebih sehat. Gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menggunakansepeda untuk pergi ke kantor, berbelanja atau berlibur.

8. Terbanglah seperlunya
Carilah alternatif lain dari perusak iklim nomor satu ini (pesawat terbang). Gunakan telepon atau teknologi teleconference untuk rapat-rapat anda. Buatlah satu rencana perjalanan panjang ketimbang banyak perjalanan pendek. Gunakan kereta api bila mungkin.

9. Kecilkan mobil anda
Pertanyaan penting untuk diajukan ketika anda ingin membeli mobil adalah bagaimana konsumsi bahan bakar mobil tersebut. Mobil yang menggunakan 4 liter bahan bakar per 100 km sudah tersedia di pasaran. Buatlah para pemilik mobil besar dan berbahan bakar boros lainnya malu untuk menunjukkan kendaraan mereka di depan umum

10. Jalan kaki
Berjalan membuat andasehat dan tidak akan menyakiti iklim. Jalanlah sebisa dan sesering mungkin.

11. Terapkan prinsip Reduce, Reuse dan Recycle
Hal yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk bumi adalah mengurangi eksploitasi bumi kita. Krisis lingkungan terjadi karena pemanfaatan lingkungan yang tidak bijaksana oleh pola konsumerisme kita. Pakailah sebuah produk selama mungkin dan carilah yang awet dan mudah diperbaiki. Daur ulanglahsemua produk bila mungkin. Bersihkan dan dan pilah-pilahkan bahan-bahan yang bisa di daur ulang sebelum meletakkannya ke tempat sampah. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat anda ajukan untuk diri sendiri sebelum membeli: Apakah saya benar-benar membutuhkan produk ini? Apakah ada produk lain yang lebih ramah lingkungan? Apakah produk ini awet? Apakah saya tahu bagaimana produk ini dibuat, bagaimana menggunakannya dan bagaimana membuangnya? Apakah bahan-bahan yang digunakan dapat diperbarui atau didapat dengan cara yang tidak merusak lingkungan?